Select Menu
KABAR TEKNOLOGI GIF


Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Olahraga

Racing

» » » » Empat Komoditi Bumi Tiarap
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama



KABAR, Bolsel-Komoditas andalan di Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang meliputi empat sektor yakni pertanian, perkebunan, perikanan dan kehutanan, dinilai sejumlah pihak produktivitasnya tiarap. Padahal, keempat sektor tersebut, mendominasi dan menjadi faktor utama pendukung pertumbuhan ekonomi di Bolsel.

Data yang berhasil dihimpun menyebutkan, selang dua tahun terakhir konstribusi dari tahun 2012 sebesar 40,80 persen. Namun di tahun 2013 turun menjadi 37,44 persen. Wakil Bupati Bolsel Drs Sjamsul Bahri Badu, mengindikasikan, ada pergeseran lapangan usaha di masyarakat dari sektor primer ke sektor sekunder.

"Untuk mendorong pertumbuhan di sektor pertanian agar mengalami peningkatan, perlu adanya kebijakan atau regulasi yang menjamin petani dalam berusaha. Setiap kebijakan Pemkab akan menimbulkan efek timbal balik seiring meningkatnya pendapatan masyarakat," papar Syamsul.

Nah, untuk tahun 2015 kata Wabup, pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan naik sebesar 6,30 sampai 6,40 persen dengan inflasi sebesar 5,65 persen. "Hal ini dapat berdampak pada peningkatan ekonomi di Bolsel," katanya. Sementara itu, aktivis pemerhati Bolsel Andika Hasan menilai, ada beberapa indikator yang menjadi penyebab merosotnya kontribusi empat sektor ini. Diantaranya, ada beberapa program pemerintah yang tidak menyentuh langsung ke masyarakat.

Selain itu, keberadaan penyuluh lapangan masih sangat minim di Bolsel. Sehingga, sangat berpengaruh terhadap produktifitas hasil pertanian, perkebunan, maupun kelautan. "Ini tidak bisa diabaikan. Sentuhan program pemerintah sangat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat, termasuk keberadaan penyuluh lapangan," terangnya.(oni)

About Unknown

Jalan Kesembuhan Nomor: 06, Pinaesaan, PLAZA MANADO - Sulawesi Utara PO BOX Manado: 8870 "Nomor Tlp/ Fax: 0431- 843075, 082291207363,081244047750." Email : webkabar@gmail.com - kabarmanado@ymail.com.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama