KABAR.CC
PT. Point To Point Indonesia adalah
perusahan yang didirikan oleh pekerja media SCTV, RCTI dan Pekerja Media Surat
Kabar Nasional. Badan hukum Point To Point Indonesia berdomisili di Kota
Manado. Point To Point Indonesia adalah
perusahaan yang bergerak khusus di media dan periklanan.
Seiring perkembangan bisnisnya, tepatnya
pada peringatan Hari Pers Nasional di
Manado, tanggal 11 Februari 2013, Point To Point Indonesia perusahaan yang menaungi Mingguan MANADOPRESS
merubah masa periodik terbitnya menjadi surat kabar harian. Namanya-pun
diganti menjadi Harian Umum KABAR,
karena terbit setiap hari.
Selain itu
kami hadirkan pula situs berita KABAR.CC dengan sajian berita berkualitas, singkat padat dengan bahasa yang mudah
dipahami.
Latar Belakang Perusahaan
Di tengah derasnya persaingan media informasi Sulawesi
Utara, dengan mengusung konsep Koran Rakyat, kami menyajikan
berita yang singkat padat dengan
bahasa yang mudah dipahami .
Sejarah Harian KABAR, pertama kali terbit
bulan Juli tahun 2007 secara mingguan dengan oplah masih sangat terbatas.
Terbit dibawah bendera perusahaan PT. Point To Point Indonesia dengan nama
MANADOPRESS.
Harian KABAR memiliki fasilitas pendukung
sbb :
Bangunan
Rumah yang dijadikan Kantor, di Jalan
Lengkonguaya No 66 Ranomuut,
dengan status milik sendiri perusahaan.
Tiga
(3) unit armada kendaraan mobil sebagai pendukung marketing, redaksi dan distribusi.
Empat
unit sepeda Motor pendukung distribusi dalam kota.
Visi
Misi Harian Umum KABAR
Visi :
Media yang mengutamakan fungsi kontrol sosial yang mendidik.
Visi
ini kami pilih, mengingat banyaknya media lokal yang pemberitaanya lebihumum
dan sekedar informatif.
Misi :
Menjadi media motivator, dinamisator,
artikulator dan katalisator masyarakat Sulut.
Menjadi media transformasi nilai
budaya, agama, dan sosial bagi masyarakatSulut.
Menjadi media yang kritis,
mendidik, dan menghibur; meningkatkan informasi yang
berimbang tentang seluruh
kejadian yang mempunyai nilai berita di lingkungan
masyarakat Sulut.
Visi dan misi ini kami dibingkai dengan
tanggung-jawab, profesionalisme, serta kesesuaian dengan kaidah dan kode etik
jurnalistik.
Tag Line Harian Umum KABAR
Harian Umum KABAR mengusung tagline “JURNALISME RAKYAT”. Jurnalisme Rakayat
yang kami anut adalah sbb :
1. Dari
sisi pemberitaan kami menganut asas jurnalistik yang berpihak kepada kebenaran.
2.Dari
sisi kepentingan kami mengutamakan kepentingan rakyat banyak, bukan kelompok
tertentu maupun pemerintah.
3.Dari
sisi pemanfaatan halaman media, kami membuka seluas-luasnya bagi siapa saja-
peran serta - warga yang mengisi tulisan di media kami dengan syarat
informasinya
dapat dipertanggungjawabkan (cityzen jurnalism).
4. Dari
sisi kepemilikan perusahaan kami membuka seluas-luasnya kesertaan modal
karyawan dan masyarakat luas untuk menyeimbangkan pengambilan keputusan di
perusahaan agar tidak hanya didominasi oleh orang atau kalangan pemodal tertentu
Mengingat jika pemodalnya hanya
dikuasai kalangan tertentu akan mempengaruhi
(monopoli) isu pemberitaan diredaksi.
Pemberitaan
Dalam
pemberitaan, Harian KABAR sangat
menjaga independensi, bebas dari berbagai kepentingan stakeholder maupun
kepentingan lainnya. Seluruh awak redaksi bekerja secara professional, jernih
dan yang pasti selalu berada dalam koridor kode etik jurnalistik, di bawah pengawasan para pendiri.
Untuk setiap berita utama, kami
menggunakan standart pemilihan
berita yang layak diketahui publik, lewat mekanisme seleksi rapat
redaksi.
Terutama untuk berita utama, kami memilih berita
kasus korupsi dan berbagai penyimpangan uang negara lainnya, yang sudah menjadi persoalan klasik bangsa
ini. Untuk ini, media kami banyak menyorot kasus-kasus korupsi yang terjadi
ditingkat lokal.
Gaya penulisan
Harian KABAR disajikan dengan
bahasa yang ringan, singkat, padat, popular, mudah dipahami semua kalangan,
mendidik, menghibur dan inspiratif. Berita-berita di ditulis berupaya tanpa menyebarkan fitnah dan prasangka.
Sarana Informasi
dan Komunikasi yang Efektif
Media sebagai
jembatan Komunikasi dan informasi,
banyak digunakan berbagai kalangan mulai dari instansi pemerintah hingga pelaku
bisnis untuk menyampaikan kebijakan maupun informasi lainnya. Media merupakan
salah satu sarana yang efektif dalam membangun brand image bagi publik. Untuk
itulah Harian KABAR hadir
menyediakan sarana untuk membangun brand image maupun tempat berpromosi atupun sosialisasi.
Harian KABAR, tidak hanya membatasi diri
sebagai wadah promosi semata-mata, kami juga dapat mengonsep creative marketing yang sesuai dengan
jenis usaha Anda.
Spesifikasi
Produk
Bentuk : Koran
Periode
Terbit : Senin – Sabtu (6 kali seminggu)
Bidang
Cetak : 300 mm X 400 mm
Harga : Rp. 2.000/Eksemplar
Tiras
(Oplah) : 3.500.
Eksemplar/Hari
Pembaca : Seluruh lapisan masyarakat Sulawesi Utara
Segmen
Pembaca
Usia : 15 tahun ke atas
Jenis
Kelamin : Laki-laki dan Perempuan
Pendidikan :
SMP ke atas
Sosial
Ekonomi : Semua Kalangan
Wilayah
Edar : 15 Kabupaten Kota se-Sulawesi Utara
Sirkulasi
dan Distribusi
Harian Umum KABAR terdistribusi ke semua Kabupaten
Kota di SulawesiUtara.Selain itu kami
sudah memiliki pelanggan tetap, diantaranya :
-Kejaksaan
Negri, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan
Negri danKantor POLDA Sulut.
Semua Kantor DPRD Kab/Kota se-Sulut, Kantor Kab/Kota se-Sulut.
-Institusi pendidikan mulai tingkat SD hingga
perguruan tinggi
-Desa, Kelurahan, dan Kecamatan di semua
Kabupaten Kota se-Sulut
-Instansi pemerintahan di Kabupaten Kota
se-Sulawesi Utara, Pemerintah Provinsi
Sulawesi Utara.
-Perhotelan,
perbankan, dan perusahaan swasta. dll
Fasilitas Pendukung Lainnya
1.
Harian Kabar memiliki jumlah karyawan sbb :
·
Wartawan Redaktur halaman 5 Orang
·
Wartawan
Biro 16 orang mereka ditempatkan diseluruh
Kabupaten/Kota se- Sulawesi Utara.
·
Lay
out 2 Orang
·
Sekretaris
Redaksi 1 orang
o
Marketing
2 Orang tenaga tetap dan 5 Orang tenaga lepas.
·
Distribusi
8 Orang
·
Percetakan
3 orang
2.
Alamat Redaksi dan Marketing
Alamat Harian Umum Kabar di Jalan Lengkonguaya No
66, Ranomuut Manado. Telp /Fax : 0431-840265 – 840266.Surat: PO Box Manado :8870, Alamatemail : redaksihariankabar@gmai.com
Manado, 03 Juni 2014
Direktur
FAHRI DOCHMIE