Select Menu
KABAR TEKNOLOGI GIF


Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Olahraga

Racing

» » » KKP Bantah Warga Kelaparan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama



Buntut Kekeringan Area Persawahan

KABAR, BOLSEL—Informasi berseliweran yang menyebut warga Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mulai dilanda kelaparan, dibantah Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP), Aldy Gobel.

“Malah tahun ini cadangan pangan kita tidak akan disalur. Karena berdasarkan analisa kami, belum ada wilayah di Bolsel yang masuk kategori rawan pangan," kata Gobel.

Dia menyebut, sekarang ini sekira 5 ton beras cadangan pangan untuk Kabupaten Bolsel, masih tersimpan rapi. Cadangan pangan ini hanya untuk wilayah rawan pangan. “Hingga kini belum ada wilayah yang rawan pangan di Bolsel,’’katanya.

Aldy menerangkan, untuk menentukan wilayah atau daerah rawan pangan butuh kajian. Wilayah rawan pangan harus memenuhi indikator yang telah ditentukan. Secara garis besar diantaranya, tidak ada lahan persawahan atau pertanian, sulit akses, dan adanya permintaan dari wilayah/desa. 

"Kecamatan Posigadan memang tidak ada lahan pertanian, tapi akses sangat lancar. Begitu juga di desa-desa ujung Pinolosian Timur, akses sulit tapi sejauh ini tidak ada permintaan dari desa,"ucapnya. Di sisi lain, kebutuhan pangan masyarakat Bolsel, juga terpenuhi dengan adanya program pemerintah yakni beras miskin (raskin). 

"Program raskin mungkin menjadi salah satu faktor pendukung untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat kita," terangnya. Aldy juga memprediksi, pada 2015 mendatang, cadangan pangan di Bolsel akan bertambah. "Tiap tahun kita dapat cadangan pangan 5 ton beras. Jika tahun ini tidak keluar, berarti tahun depan cadangan beras kita menjadi 10 ton," tambahnya.(oni)

About Unknown

Jalan Kesembuhan Nomor: 06, Pinaesaan, PLAZA MANADO - Sulawesi Utara PO BOX Manado: 8870 "Nomor Tlp/ Fax: 0431- 843075, 082291207363,081244047750." Email : webkabar@gmail.com - kabarmanado@ymail.com.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama