Select Menu
KABAR TEKNOLOGI GIF


Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Olahraga

Racing

» » » » Herson-Salihi Harus Legowo
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama



Bahas Tapal Batas, Royalti JRBM Sumbat Komunikasi



KABAR, BOLSEL—Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, kembali akan mempertemukan Bupati Bolsel, Hi Herson Mayulu SIP dengan Bupati Bolmong, Hi Salihi Mokodongan, terkait tapal batas kedua daerah tersebut.

Diketahui, pertemuan antara pihak Pemkab Bolsel dan Pemkab Bolmong sudah berulang kali digelar, namun belum ada kata sepakat. Pentinganya pertemuan tersebut, membuat pihak Provinsi kembali menjadwal pertemuan khusus dua kepala daerah ini.

Begitu dikatakan Sekda Bolsel, Tahlis Gallang SIP. Menurut alumnus STPDN itu, salah satu faktor tidak ada titik temu antara dua daerah, karena dua daerah tetap berpegang teguh pada dasar atau pegangan masing-masing. 

"Dua daerah beda keinginan dan beda pegangan. Tapi akan ada pertemuan selanjutnya. Pertemuan nanti hanya melibatkan dua kepala daerah," terang Tahlis. Sekda juga optimis, pada pertemuan antara dua Bupati, akan ada solusi terkait titik tapal batas dua daerah ini. Sebab, baik Bolsel maupun Bolmong Induk, masing-masing memiliki data soal batas wilayah tersebut.

"Secara garis besar, letak perbedaan dasar pegangan Bolsel dan Bolmong Induk adalah, Bolsel tetap mengacu pada Undang-Undang pemekaran Bolsel Nomor 30 Tahun 2008, sementara Bolmong Induk, tetap ngotot pada kesepakatan yang pernah dibuat sebelum pemekaran Bolsel (masih kecamatan Pinolosian)," terang Gallang.

Perlu diketahui, pemicu 'konflik' tapal batas dua daerah ini, dikarenakan kehadiran perusahaan tambang emas PT J Resources yang saat ini sudah mulai produksi, di wilayah yang menjadi rebutan kedua wilayah. Royalti perusahaan tersebut sangat menggiurkan, karena nilainya mencapai Rp18,5 miliar per tahun. Sesuai yang terlampir dalam SK Kementrian ESDM nomor 3954/K/80/MEM/2013 tentang penetapan daerah penghasil, Bolsel ditetapkan sebagai daerah penghasil sehingga berhak menerima iuran tetap (lihat grafis).

Belum adanya kata sepakat dua kepala derah ini, memunculkan pendapat dari beberapa warga di dua daerah setempat. Intinya, warga meminta Herson dan Salihi legowo, agar pembahasan tapal batas tidak berlarut-larut.

“Kami berharap pertemuan dua bupati ini sudah final, hasilnya jelas,’’ucap Ahmad Fattah, warga Bolsel. “Bolmong dan Bolsel itu bersaudara, mudah-mudahan jalan tengah dapat ditempuh dan dapat diterima semua pihak,’’tukas Wahdania, warga Bolmong, kemarin.(oni)

About Unknown

Jalan Kesembuhan Nomor: 06, Pinaesaan, PLAZA MANADO - Sulawesi Utara PO BOX Manado: 8870 "Nomor Tlp/ Fax: 0431- 843075, 082291207363,081244047750." Email : webkabar@gmail.com - kabarmanado@ymail.com.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama