Select Menu
KABAR TEKNOLOGI GIF


Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Olahraga

Racing

» » » Disergap Kelompok Gerilyawan, Tujuh Tentara Myanmar Tewas
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tentara Myanmar
KABAR-Yangon, Tujuh tentara Myanmar tewas dan 20 terluka dalam serangan pemberontak di perbatasan timur laut dengan Tiongkok lima hari yang lalu, lapor media pemerintah, Senin (15/12).

Pihak militer menuduh pemberontak menyergap patroli tentara dan mengepung markas dekat Kunlong, sekitar 30 km (20 mil) dari perbatasan Tiongkok Rabu lalu, menurut laporan surat kabar 'Global New Light of Myanmar' yang didukung pemerintah, Senin.

"Sisa-sisa kelompok pemberontak Kokang melancarkan serangan tak beralasan terhadap kamp-kamp Tatmadaw sementara pemerintah melaksanakan proses perdamaian," tulis  surat kabar itu, dengan menggunakan nama tradisional untuk militer Myanmar.

Putaran pembicaraan perdamaian terakhir antara kelompok gerilya dan pemerintah semi-sipil yang mengambil alih pada tahun 2011 setelah hampir 50 tahun kekuasaan militer berakhir tanpa kesepakatan pada 27 September.

Sebagian besar kelompok pemberontak telah berjuang untuk mendapatkan otonomi yang lebih besar di bawah sistem federal, tetapi militer telah lama menekankan perlunya pemerintah terpusat yang kuat sebagaimana di satu konstitusi militer yang disusun tahun 2008.

Pemberontak Kokang, juga dikenal sebagai Myanmar National Democratic Alliance Army (MNDAA), dulunya merupakan bagian dari Partai Komunis Burma, aliansi gerilyawan yang didukung Tiongkok yang berperangt dengan pemerintah Myanmar sampai pihaknya jatuh pada tahun 1989.

MNDAA kemudian menandatangani perjanjian gencatan senjata dengan pemerintah pada tahun itu, yang pertama dari sekitar selusin kelompok etnis bersenjata untuk melakukan perjanjian.

Bentrokan antara pasukan pemerintah dan kelompok-kelompok gerilya tetap berkobar dari waktu ke waktu meskipun perjanjian tersebut ada. MNDAA terakhir bentrok dengan militer Myanmar pada tahun 2009. (Anl)

About Unknown

Jalan Kesembuhan Nomor: 06, Pinaesaan, PLAZA MANADO - Sulawesi Utara PO BOX Manado: 8870 "Nomor Tlp/ Fax: 0431- 843075, 082291207363,081244047750." Email : webkabar@gmail.com - kabarmanado@ymail.com.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama