Select Menu
KABAR TEKNOLOGI GIF


Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Olahraga

Racing

» » » Minut Terpilih Jadi Model Internet Berkecepatan Tinggi
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama



Pilot Project Broadband di Minahasa Utara

KABAR-  Wakil Sekertaris Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (DETIKNAS), Muhammad Andy Zaky bersama Gerry Firmansyah selaku Project Managerment Officer, menggelar sosialisasi  Rencana Pita lebar Indonesia (RPI) 2014-2019  atau Indonesia Broadband Plan Pilot Project Kabupaten, Rabu (22/10/2014), di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Minahasa Utara.

Sebagai perwakilan Bupati, Asisten II Pemerintah Minahasa Utara, Wilhelmina Dimpudus hadir dan membuka secara resmi pertemuan yang dihadiri berbagai stakeholders, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), BAPPEDA, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, BAPPEDA, DISHUB KOMINFO, UNIVERSITAS, TELKOM, dan perwakilan Komunitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Relawan TIK, dihadiri oleh relawan TIK wilayah Kab. Minahasa Utara, Kota Manado dan  Sulawesi Utara.

Terlibatnya perwakilan Pemerintah, Akademisi, Bisnis, serta Komunitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), diharapkan mampu menunjang kelancaran fase pilot project serta mendapat dukungan penuh dan memperoleh pemahaman yang sama mengenai visi dari implementasi project Broanband Plan di Kab. Minut.
  
Berdasarkan letak zona Pilot project, ada enam Kota/Kabupaten di Indonesia menjadi model Project akses internet cepat (Broanband). Diantaranya, Kota Pekalongan (Jateng), Kab. Banyuwangi (Jatim), Kab. Bayuasin (Sumsel), Kab. Jembrana (Bali), Kota Balikpapan (Kaltim), dan Kab. Minahasa Utara (Sulut).

Alasan terpilihnya enam Kota/Kabupaten di atas, DETIKNAS ingin memulai Project dari level pengguna TIK terbawah. 

“Minut di catat sebagai Kabupaten terendah soal penggunaan system infomatika pada rana Pemerintah, Bisnis, Akademia dan Komunitas, kondisi ini sangat tepat jika dijadikan Model implementasi Pita Lebar. Supaya terukur perbandingannya” Jelas Andy Zaky selaku wakil sekertaris I DETIKNAS.

“Untuk mempercepat pengembangan TIK yang berkelanjutan di Kabupaten Minahasa Utara, sudah saatnya dibentuk Dinas Kominfo agar penetrasi TIK dapat dipacu oleh SKPD yang fokus dibidangnya, dimana saat ini bidang Kominfo masih bernaung di bawah Dinas Perhubungan Kab. Minut” ujar Billy J.Lasut, Ketua RTIK Minahasa Utara di sela – sela Diskusi.

Diyakini, dampak dari Broandband, Minut dan beberapa Kabupaten/Kota terpilih lainnya akan memperoleh koneksi akses internet cepat. Hal tersebut mampu meningkatkan efisiensi fungsi control  Politik, Ekonomi, Sosial,Budaya dan Iptek. 
Pita lebar pada prinsipnya akan membangun “jalan tol” data dan informasi. Adanya kecepatan internet tinggi melalui pengembangan pita lebar, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, inovasi, dan daya saing bangsa sehingga diyakini akan mempercepat transformasi ekonomi. Pita lebar dalam dokumen Rencana Pitalebar Indonesia (RPI) 2014-2019 didefinisikan sebagai akses internet dengan jaminan konektivitas selalu tersambung (always on) dan memiliki kemampuan mengirim suara, gambar, dan data dalam satu waktu (tripple-play) dengan kecepatan minimal 2 Mbps untuk akses tetap (fixed) dan 1 Mbps untuk akses bergerak (mobile).
DETIKNAS bertekad, Rencana Pita Lebar harus terealisasi. Mengingat, sudah ada peraturan Presiden No 96 Tahun 2014 tentang Rencana Pita Lebar Indonesia 2014-2019. Konsep dan rencana pembangunan akses internet berkecepatan tinggi (broadband) Indonesia sudah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 15 September 2014. 
Sekitar empat jam, sosialisasi dan diskusi antar narasumber dan SKPD Minut berlangsung dengan menarik. Tepat jam 12:45, debat dan diskusi selesai. Kegiatan pun dirangkum dan ditutup secara resmi oleh perwakilan Bupati.

“Sekiranya, terpilihnya Kabupaten Minahasa Utara sebagai Model Pilot Project Internet berekcepatan tinggi, bisa membantu pengembangan mutu kepemerintahan sampai pada jenjang perekonomian masyarakat. Adanya pertemuan ini, sekiranya bisa memperoleh tambahan pengetahuan tentang perkembangan dunia Informatika, baik secara pribadi, dan kedepan perwakilan SKPD Minut sekiranya bisa memperoleh pemahaman serupa dengan pihak pemerintah. Dengan demikian, penuh rasa syukur kepada yang Maha Kuasa pertemuan sosialisasi Implementasi Pilot Project Pita Lebar di tutup” Seraya tersenyum, Asisten II Pemerintah Minahasa Utara, Wilhelmina Dimpudus Menutup pertemuan tersebut. (Heski Hendom)

About Manado IT

Jalan Kesembuhan Nomor: 06, Pinaesaan, PLAZA MANADO - Sulawesi Utara PO BOX Manado: 8870 "Nomor Tlp/ Fax: 0431- 843075, 082291207363,081244047750." Email : webkabar@gmail.com - kabarmanado@ymail.com.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama