Select Menu
KABAR TEKNOLOGI GIF


Slider

Travel

Performance

Cute

My Place

Olahraga

Racing

» » Siskamling Desa Perlu Diaktifkan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

POS Kamling, (Foto Ilustrasi: Google Image)
KABAR Tutuyan-Seiring dengan maraknya kejadian pencurian di daerah kabupaten bolaang mongondow timur (Boltim), Pemerintah diminta untuk mengaktifkan kembali kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di Desa. "Akhir-akhir ini pencurian sering terjadi dimana-mana seharusnya ini bisa dicegah. Jika saja pemerintah dan masyarakat bersama-sama terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, untuk itu sangat cocol pos Siskamling  keamanan di desa, diaktifkan lagi," Ungkap Sumarto Saleh warga Boltim, Minggu (19/10).

Menurutnya dengan pola hidup bermasyarakat Boltim yang masih kental dengan situasi pedesaan harusnya mampu mencegah terjadinya gangguan seperti pencurian.

"Di boltim rumah-rumah masyarakat disetiap desa berdekatan juga hampir setiap rumah tak ada pagar pembatas. Ini keunggulannya, bisa saling mengontrol dan masyarakat bisa tahu warga pendatang. Namun ironis pencuri dari luar bisa bebas berkeliaran," terangnya.

Selain itu, pola hidup didesa sangat berbeda dengan masyarakat diperkotaan yang cenderung tertutup dan tak peduli. Sehingga pelaku pencurian atau kriminal lainnya bebas melakukan aksinya. "Lihat saja setiap rumah dibuat pagar tinggi, tetangga tak bisa melihat kejadian di rumah lain," tutur Saleh.

Dia berharap pemerintah daerah melalui pemerintah desa mengaktifkan lagi Siskamling. Sebab hampir semua desa memiliki pos kamling namun tak difungsikan. "Pos kamling yang dibuat disetiap desa mengunakan ADD tapi tak difungsikan, petugas hansip juga sudah digaji tapi tak bekerja maksimal. Demi keamanan saya yakin masyarakat siap mengeluarkan dana untuk iuran jaga," bebernya.


Senada dengannya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Rusdi Gumalangit berharap siskamling bisa diaktifkan untuk keamanan dan ketertiban mayarakat. "Ada beberapa desa membangun pos Kamling melalui ADD, tapi honor hansip memang tak banyak. 

Mungkin bisa melalui swadaya masyarakat. Tapi sesuai kepres hansip akan dilebur ke Satpol PP, mudah-mudahan itu bisa maksimal," terangnya.(Mudrik)

About Unknown

Jalan Kesembuhan Nomor: 06, Pinaesaan, PLAZA MANADO - Sulawesi Utara PO BOX Manado: 8870 "Nomor Tlp/ Fax: 0431- 843075, 082291207363,081244047750." Email : webkabar@gmail.com - kabarmanado@ymail.com.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama